Tuesday, September 11, 2012

The Cost of Breastfeeding


Dulu gw berpikir nanti pas udah punya bayi, gw mo ASI eksklusif aaah.. Alesan gw saat itu adalah harga susu formula kan mahal ya? ASI kan gratisan jadi duitnya bisa dipake buat hal-hal lain..

Ternyata gw salah! Karena gw ibu bekerja, pemberian ASI bukan cuma sekedar "buka beha and go".  Dibawah ini gw jabarkan estimated total cost selama 10.5 bulan gw ng-ASI:

Beli breastpump
Seperti yang udah kalian tau, gw punya 3 breastpump sampai akhirnya ketemu yang nyaman)
-Medela Manual Piston 165rb
-Medela Minel second 450rb
-Medela Swing 1.25jt
Total damage on breastpump: 1.865jt

Beli cooler bag
Cooler bag Medela 410rb

Beli deep freezer
Deep freezer merk Sanyo 1.85jt

Beli botol kaca ASIP
Gw punya sekitar 250 botol kaca harganya @1500
Total damage on this 375rb (yang harusnya lebih besar lagi karena sering kali pas kepepet keabisan stok botol kaca kosong, gw beli UC 1000 dan Frestea Green buat diambil botol dan tutupnya)

Beli Milkies milk saver
Harga 325rb

Beli bantal menyusui
Harga 125rb

Beli nursing apron
Gw punya 2 harga @60rb

Bayar jasa dokter dan tindakan waktu Remy incisi tongue tie
Sekitar 1jutaan

Mari dihituuuung.. Ternyata totalnya sebesar 6juta! Itu belom ngitung biaya konsumsi lactogogue juga..
Eh ko gw kesannya kaya ga dukung ASI? Eeeiits.. Tunggu duluuu.. Baca dulu doong artikel "The Cost of Not Breastfeeding" di Mommies Daily ini.. Seeeee..? Ternyata biaya yang gw keluarin ga sebanding dengan biaya kalo gw pake susu formula..


Jadi Ibu-Ibuuuu.. Ayo back to ASI.. Kalo selama ini kita pikir ASI is the best, ternyata salaaaah! Mengutip kata-kata Prof. Rulina, SpA (K), IBCLC waktu gw ikut Pelatihan Manajemen Laktasi baru-baru ini, "ASI is not the best, but it's the only food for our baby!" Iya juga sih.. Soalnya kalo The Best kan artinya masih ada second best, better, dll.. Tapi kalo the only food artinya ga ada option lain, hanya ASI ASI ASI.. Okeee!

Xoxo,

=Sasa=

No comments:

Post a Comment