Friday, September 14, 2012

Perkara Plastik


Beberapa hari lalu, nyokap gw nanya, "Eh Sa, botol minum kamu meleyot ga kalo kena panas?" Trus gw jawab, "Heh? Kagalah.. Kan bahannya food grade yang tahan panas. Emang kenapa?"

Ternyata sodara2, water jug punya Bokap gw meleyot pas disiram aer panas. Gw heran soalnya water jug itu keluaran merk terkenal yang selama ini gw kira produk-produknya udah food grade. Begitu gw liat pantat  jug-nya... Ealaaaaah.. Kok pake plastik kode 1 alias PETE siiiiiih? Gila yaa, gw kaget bangeeet! PETE itu kan hanya bisa sekali pakai dan sangat tidak disarankan kena panas. Yang biasanya pakai kemasan PETE itu minuman air mineral, soft drink, pokoknya minuman botol yang kita konsumsi sehari-hari. Mirisnya, ternyata banyak orang yang belum ngerti tentang kode-kode yang ada di kemasan plastik.


Naaah.. Ngerti ga setelah liat tabel diatas? Singkat kata, liat-liat kalo beli produk plastik, terutama buat wadah makanan, minuman, dan juga mainan anak. Karena merk ga menjamin keamanan suatu produk.

Abis kejadian itu, dan dalam rangka nyari bahan bacaan buat postingan ini, gw mulai menelusuri om gugel. Ternyata di salah satu blog seseorang, dia juga kaget ada water jug punya dia, dengan merk yang sama kaya punya Bapak gw. Dia ngirim e-mail ke kantor pusat produsen yang di Korea dan dapat balasan e-mail bahwa semua produk mereka aman buat dipakai berulang kali. Trus ada beberapa blog juga yang bilang kalo bahaya-bahaya yang katanya ditimbulkan oleh kemasan plastik non-food grade itu hoax doang..

Lho jadi gimana dong? Gw sih milih cari aman aja.. Tetep akan menghindari penggunaan bahan plastik yang tidak dianjurkan. Better safe than sorry, toh? Lagian ada artikel dariUSFDA, USEPA dan EWG tentang bahaya bisphenol-A. Itu kan badan resmi.. Masa sih bikin hoax?

I got to tell my Hubby coz his darling water bottle that've been with him since his Indonesian Hajj Medical Mission has number 7 on recycling code.. He's gonna be so heart-broken, huhuhu..

Raya dan botol minum yang diklaim sudah keliling setengah dunia
Xoxo,

=Sasa-

No comments:

Post a Comment