Tuesday, September 11, 2012

Baby Shopping Tips from Sasa

Kebetulan ada temen gw yang minta dibuatin list buat belanja keperluan bayi baru lahir.. Sekalian aja gw posting disini ya.. Siapa tau bermanfaat buat bumil-bumil lain.. Sooo..
Dulu yang gw jadiin patokan belanja adalah listnya Fifi Alvianto sama Anggi Karimuddin yang gw kotak katik sendiri.. Jadi setelah 10.5 bulan punya bayi, ini sedikit tips dari gw...


Pakaian dan Aksesories

Kalo gw dulu beli baju cuma ½  aja per varian (eg. Tangan pendek ½ lusin, tangan panjang ½ lusin, etc). Ukurannya gw ga beli yang newborn, langsung yang 3-6 bulan, wehehe.. Bayi itu cepet gedenya.. Biar iriiit..

Bedong praktis gw ga beli, pake bedong biasa aja. Salahnya dulu gw beli bedong buanyaaak banget ampe 2 lusin karena saran temen. Ujung-ujungnya noh masih nganggur ga dibuka dari kemasan 1.5 lusin

Perlak gw ada 2, yang enak tuh yang bahannya karet trus ada benjol2nya.. Hehehe, kebayang ga?

Itu perlaknya..

Alas ompol juga nyesel gw beli banyak2.. Gw beli alas ompol Renata yg premium 1 lusin, yang AA 1 lusin. Padahal ujung-ujungnya kepake buat kalo lagi ganti popok aja. Ga butuh banyak.

Kalo urusan perpopokan, karena sejak awal berkomitmen mo berpopok kain, gw beli prefolds-nya Bumwear ukuran infant 1 lusin sama ada muslin Enphilia 3 biji bonus waktu beli Clodi. Tapi enakan pake prefolds soalnya ga ribet lipet2nya, tinggal dikaitin pake snappi trus lapisin diaper cover di luarnya. Nah, prefolds ukuran infant muat ampe umur 3 bulan doang setelah itu Remy mulai pake clodi. Merk favorit gw yang lokal: Cluebebe sama Pempem. Kalo yang premium dari US: Blueberry. Buat malem, Blueberry nampol banget, dijamin ga bocor sampe pagi. Buat perawatan, pake clodi emang rada ribet tapi hemat karena bisa cuci pake.
Punya Remy yang infant size
Ini yang udah dipakein ke bayi dan dikaitkan snappi
Luarnya tutupin diaper cover biar ompolnya ga rembes keluar
Diaper cover NVMe

Sapu tangan gw ada kali 2 lusin, beli merk Gerber. Lumayan kepake di masa-masa Remy ileran, huahahaha..

Topi gw punya banyak, mostly dari kado. Ga kepake juga, Remy ga betah ditopiin.

Slaber awalnya punya 2 doang, tapi pas mulai makan, jadi punya 6. Enaknya sih pake yang bahan plastik (kalo udah mulai makan ya..) soalnya tinggal dilap aja, angin-anginin bentar, udah siap pake lagi.

Sarung tangan+sarung kaki gw beli 3 pasang doang. Toh ga perlu sering pake sarung tangan, tar katanya perkembangan sensoriknya terhambat. Kaos kaki awalnya beli 3 pasang doang juga. Punya banyak karena dikadoin

Peralatan Mandi

Bak mandi gw pake Puku yang ukuran besar.


Baby bather ga perlu, enakan dipegangin pake tangan aja.

Washlap gw beli 3 biji doang. Toh abis pake bisa kucek-kucek pake detergen bentar trus langsung jemur.

Handuk gw beli 2 doang, yang handuk katun Jepang.

Sabun gw beli Sebamed botol pump yang guedeeee...! Baru abis pas umur Remy 10 bulan.

Sampo, cologne, baby oil dapet dari hadiah.. Baru abis dan baru beli pas remy 9 bulan, hohoho..

Baby cream+diaper rash cream gw beli Sebamed. Baby cream-nya malah gw pake buat tumit pecah2 gw n lutut soalnya pas dipakein Remy, malah bruntusan anaknya. Diaper rash awalnya kepake soalnya kalo pake clodi, ga boleh diolesin cream apapun di pantat bayi. Akhir-akhir ini baru mulai dipake soalnya makin gede, Remy makin heavy wetter kalo malem jadi malem-malem bobnya pake dispo diapers deh.. Oia, jangan lupa sedia Myco-Z. Ampuh banget buat diaper rash yang parah!

Minyak telon awalnya gw pake Switzal soalnya kalo pake yang bukan merk baby, takut keras buat kulitnya. Pas udah gedean, gw pake konicare yang tutup ungu, anti nyamuk.

Minyak kayu putih gw punya tapi jarang dipakein ke badan. Biasanya buat terapi uap pas Remy idungnya mampet.

Krim anti nyamuk gw ga beli. Naah.. gw baru tau dari temen kalo ada stiker anti nyamuk. Tar ditempelin di box bayi ato bisa juga ditempel di baju yang lagi dipake sama bayi. Ada dijual di ITC kok..

Buat bersihin pantat pas ganti popok, gw lebih suka pake kapas kotak yang dicelupin aer anget ato bikin cairan baby wipes sendiri (aer aqua 150cc+baby oil 1 sdt+sabun bayi cair 1 pump+5 tetes tea tree oil).

Tissue basah buat ganti popok pas pergi-pergi. Beli merk Pigeon yang bisa buat hand and mouth plus buat pantat juga. Efisien!

Alkohol, kain kassa n alkafil gw ga pake. Maksudnya buat perawatan tali pusar ya? Dulu gw ga diapa-apain tuh.. Puput sendiri pas umur Remy 6 hari.

Gunting kuku ga perlu beli yang khusus bayi. Udah muahaaal.. Susah pakenya. Gw pake gunting kuku biasa tapi cari yang ukuran paling kecil.

Termometer wajiiiiib punya! Gw sih pake termo digital axilla biasa aja, ga yang infrared ato yg ear termo. Mahal boo..!

Sedotan ingus bukannya udah ga direkomendasiin lagi ya?

Peralatan Tidur

Baby box gw beli Merk Baby Does. Graco lebih keren siiiih tapi ternyata keciiiiil.. Kalo mau murah, beli box biasa aja, ga perlu yang pake kelambu, musik-musik, maenan-maenan.. Tapi gw beli yang lengkap sih.. Yang ada tempat ganti popoknya juga.. Eh jangan lupa kasurnya.. Baby box sih baru rutin dipake Remy pas umur 5-6 bulan ke atas. Itu pun pas lagi bobo siang/sore aja. Ato buat dia maen-maen sendiri pas semua orang lagi rempong. Malem tetep tidur sama gw. 

Selimut bisa pake bedong. Selimut topi gw ada 2, kepake bentar banget.
Remy sesaat sebelum disunat
Bantal peyang dan guling dapet dari beli kasur. Ga dipake buat tidur juga akhirnya. Remy anaknya kalo tidur polosan.
Tanpa bantal guling, hanya beralaskan sleeping bag
Baby monitor ga pake, wehehehe.. Mahal ah..

Peralatan Menyusui

Botol susu gw awalnya beli dr. Brown sama Tommee Tippee. Ternyata Remy ga suka Tommee Tippee trus gw beli Pigeon Wide Neck. Tapi menurut Bokap gw, anaknya paling suka sama dr. Brown, yaudah sebiji itu aja yang dipake seharian. Sebisa mungkin sih pake cup feeder soalnya kalo pake dot, amit-amiiit tiap hari deg-degan bingung puting!
Cup feeder

Pemanas susu gw ga beli. ASIP dipanasin pake cara manual aja, rendem aer anget.

Sterilizer gw beli Panasonic Dish Dryer. Enak, space-nya luas, bisa buat sterilin yang lain juga (corong pompa, alat makan). Enaknya kan dia jenis dish dryer, jadi bener-bener kering. Kalo pake steam sterilizer kan basah-basah ga jelas. Pake ini juga udah ga butuh rak botol lagi.

Sikat botol selain beli buat sikat botol susu, gw juga punya sikat khusus botol kaca. Botol kaca kan mulutnya sempit tuh, jadi sikatnya musti khusus. Bisa beli sekalian di OLS yang jual botol kacanya.

Sabun cuci botol standarlah, pake Sleek.

Bra menyusui beli yang buanyaaak soalnya kan sehari gw sih bisa ganti 2-3 kali. Keringatn bo, kan kasian kalo bayi lagi nen trus nyium acem-acem, hiiiii.. Kalo buat di rumah, gw beli yang murmer aja di ITC, yang 25-30rebuan aja.. Buat pergi ato kerja, baru beli yang mahalan. Dari semua yang gw coba, paling enak pake Sorella. Walopun tanpa kawat, tapi PD  ga terlalu bergelantungan. Awal-awal jangan beli yang berkawat dulu yaaa.. Katanya bisa menghambat pengeluaran ASI. Gw baru mulai pake bra menyusui berkawat pas Remy umur 8 bulanan.

Breast pad gw ga pake. Mending ditampung di milk saver.

Bantal nyusuin perlu ga perlu sih.. gw sih lebih nyaman disangga bantal tidur biasa.

Nursing apron juga teserah mo beli ato ngga. Buat gw kepake pas mompa di poli. Tapi buat nyusuin di tempat umum, gw cuek aja buka warung. Anaknya ga betah ditutup-tutupin.

Breastpump udah taulah ya gw pakenya apa..

Botol kaca ASIP awalnya gw beli 30 botol.. Lama-lama beli lagi.. beli lagi.. lagi.. sekarang ada sekitar 250 botol, huehehehe..

Deep freezer sih optional. Kalo gw karena target kekumpul 100 botol sblm kerja, jadi gw beli deep frezzer. Gw beli sanyo 5 rak, 1.85jt.

Peralatan Bepergian

Stroller Remy pake Elle Huntington, 1jt 80rb. Enak soalnya bisa posisi tiduran jadi OK buat newborn dan bisa sampe gede. Lama-lama rempong juga bawa stroller gede. Akhirnya pas mo travelling ke Manado (umur 6.5 bulan), beli Cocolatte iSport 650rb. Enak bgt, super ringkes dan kalo ke resto yang ga punya baby chair, Remy bisa duduk disitu.

                               
Elle Huntington
Cocolatte iSport


Umur 5 bulan pake Elle
First playddate with Kinan
Umur 5 hari pake Elle




Umur 6.5 pake iSport


Diaper bag bakal banyak dapet dari kado jadi ga perlu beli. Kecuali kalo pengen diaper bag bermerk kaya Kate Spade, Coach, Allerhand, Okkie Dog..

Kate Spade Diaper Bag (bukan punya guweee.. Huhuhuhu..)

Carseat Remy pake Cocolatte Omni Guard. Enak, empuk.. Remy nyaman banget tiap ditaro disitu. Paling kalo bosen, ajak maen aja.
Tampang ngantuk kalo lagi di carseat..
Bengong menatap jalanan..
Baby carrier gw dpt kado darikado, Boba Baby Carrier 3G. Mantaplah pokoknya.. Hehehe..

Baba ikut eksis
Bouncer gw dpt kado dari ade-ade gw. Dibeliin sih merk Mastela. Tapi kalo ada budget lebih mah langsung aja fischer price.. bouncer ini lumayan kepake ko sama Remy. Buat naro dia (pas dibawah umur 6 bulan) kalo kita lagi rempong. Setelah 6 bulan, udah ga betah di bouncer.
Muka hepi kalo maen di bouncer

Peralatan Ibu
Stagen gw beli yang velcro 2 biji, kepake 2 minggu doang. Abis sesek, ga nyaman pas nyusuin.

Pembalut nifas mah beli aja pembalut night wing yang paling panjang. Karen agw caesar jadi darah nifasnya ga banyak dan ga lama juga sih.. Sebelom 40 hari, gw udah solat lagi.

Stretchmark cream ga punya, pasrah aja sama keadaan..

Nipple cream punya Kamillosan tapi baru tau kalo Purelan keluaran Medela lebih bagus dan ga mesti dibersihin sebelum nenin bayi.

Peralatan Lain
Jemuran yang model payung gw punya 2.

Selain keranjang baju kotor , gw juga beli ember khusus buat popok kain/clodi.

Detergen baju bayi gw pake Ultraco soalnya sekalian nyari yang clodi-friendly (detergen buat clodi banyak syaratnya). Ultraco Cuma bisa beli online. Murah sih, sekilo 20rb saja. Kalo ga mo ribet, pake Cycles aja. Aman juga buat clodi. Tapi kalo ga mo ber-clodi, pake detergen bayi apapun boleh.

Kalo pewangi baju sih sebaiknya ga dipake ya.. kulit newborn sensitif dan sering rash kalo kena bahan kimia kebanyakan. Trus kata forum The Urban Mama, bisa bikin sakit kuning (entah sakit kuning apaan dan apa korelasi sakit kuning sama pewangi pakaian, belom sempet cari sumbernya). 

Note: semua muka bayi lucu itu namanya Remy.. 
Disclaimer: beberapa foto gw ambil dari web lain

Xoxo,

=Sasa=

1 comment:

  1. thanx sharing'y bunda,,bermanfaat bgt

    ReplyDelete