Monday, September 10, 2012

Gw, Si Pencinta Lingkungan Odong-Odong


Kemarin ada seorang Bapak berobat waktu gw sedang praktek. Keluhannya standar sih.. Hidungnya mampet sama matanya perih n gatel. Dia juga udah sadar karena dia kerja di pabrik kertas udah 15 tahun dan 2 tahun belakangan ini keluhan itu mulai muncul. Tapi bukan masalah sakitnya yg pengen gw bahas..
Jadi sambil nulis resep, gw suka sok ikrib sama pasien. Ya daripada tercipta keheningan yang awkward, mending pasien gw ajak ngobrol.. Dari hasil obrolan gw dengan si Bapak ini, gw tau kalo dia kerja di pabrik kertas tapi bahan bakunya dari sampah jadi produk yang dihasilkan tuh cuma kardus-kardus aja. Dia pernah mo dipindahin ke bagian yang produksi fine paper (hasil produksi akhirnya tuh tissue kualitas tinggi yang tebel-tebel itu lho.., kertas printer, dll) tapi dia tolak. Katanya, "Mending saya kerja sama sampah!" 

Rupanya menurut info dari si Bapak, buat menghasilkan fine paper, hutan dibabat gila-gilaan! Dia sebelumnya pernah kerja di forestry dan bener-bener heartbreaking banget liat pohon yang harus nunggu 10 tahun baru bisa tumbuh sebesar itu ditebangin gitu aja buat kepentingan manusia. Emang sih ditanemin lagi tapi tetep jumlah yang ditebang sama yang ditanem ga seimbang. "Ngeri!", katanya.. "Ga kebayang kalo terus-terusan kaya gitu, apa jadinya bumi ini.. takut nambah dosa." Makanya dia lebih milih kerja di yang bahan bakunya sampah (dari tissue bekas -eh baru tau dari si Bapak juga kalo limbah tissue itu ternyata dihargain lho buat dibeli dan didaur ulang jadi kardus coklat-, sampah-sampah kertas, dll)

Ah.. Aku jadi tersentuh melihat kepedulian si Bapak terhadap Mother Earth.. Selama ini gw berusaha sebaik mungkin buat menjaga lingkungan tapi teteeeup aja kurang maksimal..

So far, inilah usaha-usaha yang udah gw lakukan buat menunjukkan cinta gw ke Mother Earth...

Lebih pilih pakai cloth diaper dibandingkan disposable diapers
Kenyataannya kalo tidur malam ato pas pergi-pergi ke mall atau luar kota, Remy tetep aja tuh pakai dispo..

Bawa tas belanja sendiri kalo mau groceries shopping
Kenyataannya gw sering lupa bawa tas belanjaan, huhuhu.. Tapi kalo lagi belanja di minimart, gw selalu bilang ke kasir, "Ga usah dibungkus plastik ya, Mbak.." kalo belanjaan gw dikit dan masih memungkinkan dibawa pake tangan.

Ga pernah cetak slip di ATM tiap transaksi, kecuali kalo transfer duit
Sejauh ini sudah berjalan dengan baik

Pakai front loader washing machine
Yak sudaaaah pakaiiii.. Kenapa harus front loader? Karena menurut ini dan ini, penggunaan air bisa dihemat sampai 40% dan bisa menghemat pemakaian detergen juga..

Selalu matiin lampu dan alat elektronik lain yang ga dipakai
Ini sudah dilakukan tapiiiii sayangnya keluarga gw masih belom pada nyadar.. Suka lupa matiin lampu kamar mandi, tipi nganggur ga ditonton tapi tetep nyala, abis nge-charge hape charger-nya ga dicabut lagi.. Did you know kalo charger hape tetep dicolok padahal udah ga nge-charge tetep mengkonsumsi energi listrik? Dengan mencabut charge hape setelah dipakai, kita bisa hemat biaya bayar listrik sebesar 500ribu pertahunnya. "Halah, 500ribu setahun dapet apaan sih?", itu tanggepan si Uti pas gw kasih tau. Padahal kalo liat lingkup yang lebih besar, 500ribu dikali 100 orang aja udah jadi 50juta. Buat tips-tips menghemat energi sehari-hari bisa liat disini

Lebih milih ASI dan home made MPASI buat makanan bayi
Alhamdulillah ini juga masih jalan sampe sekarang. Bingung apa hubungannya? Niiiih... 
Dengan menyusui  artinya gw ga pakai formula dimana susu formula itu kan pakai kaleng..Simpelnya buat kehidupan sehari-hari sih cuma sekedar gw ga nambah-nambahin sampah kaleng. Tapi kalo secara global semua ibu menyusui anaknya bayangkan dampak besar yang terjadi.. No pollution and no industrial waste from manufacturing babies formula. Kebayang? Nih gw kasih contoh..Gw terjemahin bebas dari sini yaaa..

"Proses produksi pengemasan susu bayi buatan menghasilkan racun dan menggunakan kertas, plastik dan kaleng. Untuk setiap 3 juta bayi yang minum susu botol (dalam hal ini, isi botolnya formula ya.. Bkn ASIP), 450 juta kaleng susu dikonsumsi. Hasilnya 70.000 ton besi dari kaleng-kaleng susu tidak didaur ulang. 550 juta kaleng susu formula dijual setiap tahunnya di US. 550 juta kaleng sama dengan 86.000 ton kaleng dan 1.230 ton label kertas."

Angka yang wow bgt kan? Padahal itu baru dari proses pengemasannya aja lho! Belom pembabatan hutan buat bangun peternakan sapi, polusi dari transportasi buat distribusinya.. Widiiih..! Artikel diatas wajib dibaca dan lo semua bakal tercengang betapa menyusui itu menyelamatkan lingkungan!

Hal yang sama terjadi juga pada instant baby food pabrikan.. Ga usah gw terangin lagi yeee..

Selalu buang sampah pada tempatnya
Hal simpel yang selalu gw kerjakan. Kalo belom nemu tempat sampah, gw taro dulu di tas. Semua orang juga bisa kan kalo cuma sekedar buang sampah di tempatnya.. Tapi kenyataannya masiiiiih aja banyak sampah betebaran dimana-mana. Heran deh..

Sebisa mungkin pakai refillable water jug/tumbler
Dari pada bolak balik beli air minum kemasan, mending bawa sendiri. Jangan lupa wadahnya yang food grade yaaa... Masalah kemasan plastik, bakal gw bahas di postingan terpisah..

Naah itu lah yang selama ini gw lakukan buat membantu lingkungan hidup.. Kenapa gw bilang gw pencinta lingkungan odong-odong? Karena gw ga 100% berkomitmen, huhuhu.. Selain hal-hal yang udah gw jabarin di atas, some of my biggest sin are...

AC di kamar gw always on 24/7
Huhuhuhu.. Guilty as charged! Gw ga tahan panaaaaas!

Gw ga bisa naik sepeda
Hasilnya? Kemana-mana gw ngandelin kendaraan bermotor, hiks..

Gw monster tissue
I'm a heavy toilet paper user! Paraaah! Sekali ke toilet umum, bisa abis 10 lembar kali! Minimal 2 lembar buat ngelap toilet seat, 2 lembar buat ngeringin lady part abis cebok, 2 lembar buat keringin tangan kalo ga ada hand dryer! Itu masih bisa nambah lho kalo toilet seat-nya super kotor dan basah!

Sebenernya kalo mau dibahas semua, masih buanyaaaak dosa gw.. And for that, I can only say, "I deeply sorry, Mother Earth!"

Xoxo, 

=Sasa=

No comments:

Post a Comment