Tuesday, August 28, 2012

Review Breast Pump


Sebagai ibu menyusui dan tetap harus bekerja, keberadaan breastpump sangatlah mahapenting.. Apalagi buat gw yang ga bisa merah ASI secara manual (pake tangan doang, teknik Marmet)

Pic from:  info-kehamilan.blogspot.com
Waktu belanja keperluan bayi, ini pompa yang gw beli.. Yg rekomendasiin buat beli tuh Sekretaris Medis di RS gw. Katanya pake manual lebih mantep nyedotnya. Pas liat di ITC, harganya juga murah.. Kalo ga salah 160rebuan, gw beli bln Juli 2011. Abis pikir gw waktu itu, ngapain lah beli pompa jutaan.. Udah beli mahal2, ternyata ASI gw ga keluar.. Ternyata itu pemikiran yang salaaaaah.. Jangan pernah sedikitpun berpikir, gimana kalo ASI dikit ato ga keluar? Pede aja, ASI kita bakal keluar banyaaaaak..!
Medela manual piston
pic from:  babystuff.co.nz
Pas anak gw umur 2 hari, masih di RS, badannya demam ampe 39 dercel trus pas dicek gula darahnya cuma 39mg/dL (kalo menurut emedicine, gula darah <40mg/dL itu termasuk neonatal hypoglycemia). Waktu itu masih bingung karena pengetahuan ttg ASI masih minim banget dan akhirnya Remy dikasih formula, hiks.. Sedih deh.. Hatiku hancur berantakan.. Gw bingung soalnya ASI gw sejak hamil 8 bulan udah keluar.. Ko bisa Remy sampe hipoglikemia? Padahal perasaan nempel di tetek mulu.. Pada akhirnya pas umur 3 minggu baru ketauan kalo Remy ada tongue tie.. But that's another story.. I'll tell you in next post..

Balik lagi ke pompa, karena ga rela Remy minum formula, mulai lah gw keluarin itu pompa.. Ternyataaa.. Pegel boooo.. Narik2 tuasnya bisa sekalian ngegedein biceps deh.. Akhirnya tuh piston nganggur aja karena akhirnya gw dipinjemin Medela Lactina punya RS.
Medela Lactina
pic from:  thebabyspecialist.com.sg
Lactina ini breastpump hospital grade. Harga supermahal, 17 ato 23 juta kalo ga salah.. Silakan pingsan! Tapi emang sip banget! Bisa double pump, ga berasa sakit jg pas dipake. Alhamdulillah, pake ini bisa dapet dikit2 ASIP buat dikasih selang seling ke Remy.

Pas akhirnya kita bedua discharge dari RS, gw langsung meluncur ke Suzanna Baby Shop buat beli breastpump laen. Akhirnya beli Medela Swing karena review beberapa ibu2. Harga di Suzanna saat itu (Okt 2011) 1.2jt. Courtessy of my father, hohoho.. Terima kasih Abaaaah..

Medela Swing
pic from:  productreview.com.au
Dengan Swing ini gw berjuang jadi Mama Perah sampai detik gw nulis postingan ini. Sangat berjasa dalam mensukseskan keberhasilan Remy full ASI sampe sekarang. Point plus Swing adalah karena ada mode massage.. Jadi PD kita seolah-olah dipijat sampe berasa LDR, baru deh dia mompa. Ukurannya sedeng lah kalo gw bilang. Emang ga sekecil Mini Electric tapi ga masalah buat gw. Kalo masalah berisik ato ngga, standar lah ya.. Emang kalo pas Remy lg bobo trus gw mompa di kamar, mesinnya gw tutupin pake peredam suara dulu (handuk, selimut, baju, dll) biar ga berisik.

Naaah.. Kalo Medela Mini Electric aka Minel, gw beli second di Flea The Urban Mama. Beli harga 450rb, harga asli saat tangan pertama 690rb. Minel terkenal karena bentuknya yg mini dan juga suaranya yang berisik. Emang berisik bgt bo! Kaya mesin pemotong rumput! Gw beli Minel gara2 parno tar pas mulai kerja, gw ga sempet mompa kalo pasien banyak. Jadi rencana gw saat itu adalah 2 PD masing2 pake pompa yang berbeda. Ternyata setelah gw test drive di rumah, susyeeeh banget ngelakuinnya.. Bingung karena dua tangan sama2 occupied jadi ga bisa mencet2 tombol buat adjust kekuatan pompanya.
Medela Mini Electric
pic from:  bayibayiku.com
Minel ini akhirnya nganggur aja karena gw lebih nyaman pake swing dan ternyata Alhamdulillah walo pernah 1 shift pasien gw ampe 40 orang, Remy ga pernah kekurangan ASI. Btw, minel akhirnya gw jual ke asisten apoteker di klinik gw seharga 300rb. Biarlah rugi bandar, daripada nganggur di rumah mending bisa bermanfaat buat ibu lain.

Itulah sekilas pengalaman gw dengan breastpump.. Cerita dong apa breastpump favorit lo?

Xoxo, 

=Sasa=

No comments:

Post a Comment